Tuesday, July 5, 2011

SIM Keliling Kota Bandung

SIM Keliling SATLANTAS POLRESTABES BANDUNG

Informasi tanggal 4 Juli 2011, jenis tarif atas penerimaan negara bukan pajak:
Formulir SIM A: Rp 80.000,-
Formulir SIM C: Rp 75.000,-
Masing-masing dikenakan tambahan biaya cek kesehatan Rp 25.000,- dan bea asuransi Rp 30.000,-

Jadi total biaya untuk perpanjangan SIM A adalah Rp 135.000,- dan untuk SIM C Rp 130.000,-

Jam buka pelayanan 08:00 - 21:00

Pelayanan "SIM Keliling" Polrestabes Bandung hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C.

Persyaratan:
1. Membawa sim asli yang diterbitkan satlantas polrestabes Bandung (yang masa berlakunya telah habis kurang dari satu tahun)
2. Membawa ktp yang dikeluarkan dari kotamadya Bandung (resi ktp dan Kk jika ktp masa berlakunya habis)

Untuk informasi layanan: 022-70014885; 022-4203505.

Kesan atas pengalaman memperpanjang di layanan "SIM Keliling" tersebut:
- Kesan positif dan bagus! Dengan beberapa hal yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas layanan.
- Loket pendaftaran dilayani oleh dua orang petugas, informasi biaya dan persyaratan terpampang jelas di sekeliling mobivan sim keliling. Hari Senin 4 Juli 2011 pagi-pagi sekitar jam 8 saya mendapat nomor telepon layanan sim keliling dari Bunda. Harus menelepon untuk mengetahui posisi mobivan Sim keliling hari ini. *Seandainya saja sehari sebelumnya jadwal lokasi mobivan dapat diketahui; atau bila Satlantas Bandung punya website yang mengumumkan jadwal mobivan nya* Setelah bertanya, ternyata operasi mobivan sim keliling hanya berlangsung selama Bulan Bayangkara.
Kali ini mobivan nongkrong di pelataran Radio Dahlia di Jalan Burangrang no. 28.
- Setelah 'membeli' formulir isian perpanjangan sim dan mengisi data yang diminta, saya menyerahkan formulir tsb beserta fotokopi ktp dan sim asli (A dan C) sambil membayar biaya yang diperlukan (265ribu rupiah).
'Waiting time' hampir dua jam sampai waktu dipanggil masuk mobivan untuk diambil foto dan sidik jari dan mengkonfirmasi data-data diri. Petugas di dalam mobivan hanya satu orang, yang bertugas entry data termasuk mengambil foto dan sidik jari, dan mencetak SIM baru. Proses di dalam mobivan sekitar 5 menit untuk masing-masing SIM.

Hal yang dapat diperbaiki oleh para petugas: waktu respon dari penyerahan formulir (pendaftaran) sampai sim baru selesai dicetak. Bila data online, anggapan saya adalah data diri sebelumnya seharusnya sudah ada dan dapat mempercepat verifikasi data (dan pembaruan data, bila diperlukan). Juga, akan lebih bagus bila petugas sim keliling punya operator telepon sendiri yang berbeda dengan petugas pendaftaran, atau lebih bagus bila ada website - laman internet yang menjelaskan lokasi, waktu dan persyaratan layanan. Lalu biaya 'kesehatan' yang menurut hemat saya termasuk salah satu yang kurang jelas maksud dan tujuannya seyogyanya bisa dilebur jadi ke tarif resmi atau ditiadakan bila memang tidak perlu.

Hal yang sudah bagus dan patut dipertahankan: keramahtamahan dan ketanggapan petugas dalam melayani masyrakat yang datang dan bertanya.

Salam Bayangkara!
Published with Blogger-droid v1.7.2

No comments:

Post a Comment